Wednesday, October 3, 2012

DEMO BURUH CILEGON


Puluhan Ribu Massa Buruh Cilegon Aksi Mogok Nasional

Hari ini Rabu 3 Oktober 2012 jutaan kaum buruh di Indonesia serempak melakukan aksi Mogok Umum Nasional menuntut penghapusan sistem outsourcing, menolak upah murah dan mendesak segera di
jalankannya jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu puluhan ribu massa buruh di Kota Cilegon yang berasal dari serikat-serikat buruh seperti KSBSI, FSPMI, dan FSBKS yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial melakukan aksi unjukrasa sebagai bagian dari aksi Mogok Umum Nasional 3 Oktober 2012.

Puluhan ribu massa buruh ini memulai aksi 'long march' dari Masjid Agung Cilegon sekitar pukul 09.15 WIB menuju Kantor Walikota Cilegon. Diperjalanan mereka meneriakan yel-yel "Hidup buruh!" Hapus Outsourcing! Tolak upah murah, naikkan upah buruh! Buruh bersatu tak bisa dikalahkan!".

Di depan kantor walikota Cilegon masing-masing pimpinan serikat buruh bergantian menyampaikan orasi dan tuntutannya. Massa buruh di Kota Cilegon menuntut: Hapus Outsourcing, Tolak Upah Murah, Stop Teror dan Intimidasi Terhadap Buruh, Tolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Sistem outsourcing yang dilakukan kaum kapitalis menjadikan buruh seperti sapi perah, diperas darah dan keringatnya. Buruh tak dipenuhi hak-hak kesejahteraannya. Sementara pengusaha terus dapat menikmati kekayaan yang berasal dari keringat buruh sambil 'ongkang-ongkang' kaki," kata Jajuli, seorang pimpinan aksi buruh dalam orasinya.

Selain itu buruh juga menyatakan tuntutan kepada pemerintah agar segera menjalankan Jaminan Kesehatan untuk seluruh Rakyat Indonesia mulai 1 Januari 2014. (BC/Moh.Ib)
 — dengan ‎Chairil Anwar‎.

No comments:

Post a Comment