Tuesday, November 5, 2013

PENGANTAR EKONOMI


No Untuk soal 1-3 liat pernyataan dibawah ini.


PT. ABG adalah perusahaan pemasok material bahan baku yang sedang melayani sebanyak 60 perusahaan pelanggan, studi yang dilakukan oleh bagian akuntansi menunjukkan bahwa biaya administrasi dan penjualan setiap pelanggan di ketahui merupakan fungsi TC = 40.000 + 50Q + 4Q2, dimana TC pertahun ($) dan Q adalah banyaknya perusahaan pelanggan, dengan menggunakan model regresi kubik anda diminta untuk :

1.berapa biaya tetap perusahaan setiap tahunnya ?
A. $ 40.000                          C.$ 60.000           
B. $ 32.000                           D.$ 25.000
2.berapa biaya rata-rata sekarang yang dikeluarkan perusahaan untukmelayani sebanyak 60 pelanggan ?
A. $ 234                                  C. $ 666
B. $ 780                   D. $ 957

3.Hitung jumlah pelanggan pada tingkat output pada biaya rata-rata minimum
A. $ 780                                    C. $ 400
B. $ 850                     D. $ 800

JAWABAN
1. intersep (kontanta) untuk fungsi biaya total kuadratik diatas adalah $  40,000. Hal ini mengindikasikan bahwa biaya tetap perusahaan per tahun aladah :$ 40.000  (A)
2 Pada saat sekarang perusahaan sedang melayani 60 perusahaan pelanggan (Q=60), sehingga biaya rata-rata per perusahaan adalah :

AC  = TC/Q     = (40000 + 50Q + 4Q2)/Q

= {40000 + (50) ( 60) + 3 (60)2 } / 60

= 57400 / 60

=957

Jadi biaya rata-rata yang dikeluarkan perusahaan untuk melayani setiap perusahaam pelanggan adalah $957 (d)



3. Pada kondisi biaya rata-rata minimun (AC minimum), maka biaya marjinal (MC)

sama dengan biaya rata-rata (AC). Dengan demikian tetapkan MC = AC

TC       = 40000 + 50Q + 4Q2→ MC = 50 + 8Q

AC      = TC/Q            = (40000 + 50Q + 4Q2)/Q = (40000/Q) + 50 + 4Q

MC      = AC → 50 + 8Q = (40000/Q) + 50 + 4Q → 4Q = 40000/Q →

4Q2   = 40000

Q2    = 10000 → Q = 100

Dengan demikikian tingkat output yang meminimumkan biaya rata-rata perusahaan adalah melayani 100 perusahaan pelanggan (Q = 100). Pada tingkat output ini biaya rata-rata minimum adalah sebesar : AC = TC/Q = (40000 + 50Q + 4Q2)/ Q = (40000/Q) + 50 + 4Q = (40000/100) + 50 + 4 (100) = $ 850 (B)

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunanmakalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalahini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya miliki sangat kurang. Oleh karena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
                                               

                                                                                                                                                                Depok  19 maret 2013

                                                                                                                                                                          Penyusun


YOUTH PROGRAM


variable terikat : laporan diri dalam pengembangan hubungan dengan pemuda


Pekerja muda diminta untuk menilai seberapa baik mereka berada di masing-masing dari tiga keterampilan yang berkaitan dengan mengembangkan hubungan positif yang kuat dengan pemuda pada Program dengan skala 10 point (1 ¼ sangat tidak setuju, 10 ¼ sangat setuju). Keterampilan dinilai pada skala ini mendukung hubungan meliputi:'' Memahami titik pandang pemuda,'''' Berkaitan dengan baik dengan pemuda dari berbagai latar belakang culturesand,'' dan'' Jika pemuda memiliki masalah, saya mudah untuk melakukan pendekatan.'' dukungan berskala kompetensi yang hubungannya adalah bagian dari skala yang lebih besar menilai keseluruhan dengan kompetensi jabatan yang dilaporkan pekerja muda dalam mengimplementasikan fitur yang berhubungan dengan hasil pengembangan remaja positif seperti diuraikan di arecent National Academy of Youth Development Report (Eccles & Gootman, 2002) . Dengan skala kompetensi yang yang dilaporkan lengkap mulanya terdiri 48 butir pasir 8 sub-skala yang dikembangkan oleh Hartje et al. (2008). Penelitian iniNamun demikian, menggunakan versi singkat yang mengandung 27 yang mengikuti  hasil analisis faktor anexploratory yang menunjukkan bahwa beberapa item faktor  rendah pemuatannya (Hartje et al, 2008.).  dukungan berskala hubungan yang memiliki tingkat Cronbachalpha dari .78.
ELEMEN UNTUK SUKSES 1: KOMPENSASI
Para peneliti telah menyarankan seburuknya adanya konpensasi yang mungkin ikut bertanggung jawab terhadap tingkat penganguran yang tinggi para pekerja muda (Nasional Kolaborasi forYouth, 2006). Tiga langkah kompensasi dilibatkan dalam studi ini.
Gaji tahunan. Peserta diminta untuk melaporkan upah mereka dalam salah satu dari dua cara: (a) jumlah kisaran gaji tahunan mereka atau (b) laporan terbuka dari upah per jam mereka. Upah per jam kemudian dikonversi ke gaji tahunan dengan mengalikan jumlah jam peserta yang dilaporkan bekerja setiap minggu dengan upah per jam mereka yang dilaporkan dikalikan dengan 50, jumlah minggu dalam setahun dikurang  dua minggu liburan. Setelah perhitungan ini, mereka yang awalnya menunjukkan mereka dibayar per jam memiliki gaji yang sedikit lebih rendah (rata-rata antara $ 25.000 dan $ 35.000 per tahun) dibandingkan mereka yang awalnya dilaporkan gaji tahunan mereka (rata-rata antara $ 35.000 dan $ 40.000 per tahun). Mengingat bahwa pekerja yang digaji kemungkinan memegang posisi lebih maju dalam sebuah organisasi, perbedaan ini tampak masuk akal.
Keuntungan. Tabel 1 laporan jumlah dan jenis keuntungan pekerja muda mengatakan mereka menerima. Pekerja muda diminta untuk melaporkan mana dari 16 keuntungan yang mereka terima melalui organisasi mereka. Sebuah nilai keuntungan total dihitung dengan menjumlahkan jumlah peserta yang mendapat keuntungan.
Peluang untuk dipromosikan. Pekerja muda ditanya pertanyaan  untuk mengetahui peluang  dipromosikan:?'' Apakah terdapat secara jelas pengidentifikasi peluang untuk peningkatan dan promosi di dalam organisasi Anda'' Responden menjawab baik'' ya'' atau'' tidak''.

Ada 3 skala item yang digunakan untuk menilai tingkat dan kualitas kesempatan pelatihan yang tersedia bagi pekerja muda Peserta diminta untuk menunjukkan persetujuan mereka, dari 1 (sangat tidak setuju) sampai 5 (sangat setuju) terhadap tiga pertanyaan berikut,'' Saya memiliki kesempatan yang memadai untuk pelatihan,'''' Pelatihan yang saya terima telah membantu saya untuk bekerja secara efektif dengan pemuda dalam program ini,'' dan'' Pelatihan lembaga ini telah meningkatkan keterampilan pekerjaan saya.'' tingkat alpha Cronbach untuk skala ini adalah 0,74.


ELEMEN UNTUK SUKSES 3: MENDUKUNG LINGKUNGAN KERJA

Dua skala yang digunakan untuk menilai keberadaan dan dampak lingkungan kerja yang mendukung dalam organisasi pekerja muda ': (a) pembuatan keraguan keterlibatan dan (b) pengawasan dan kebijakan manajemen.

Keterlibatan dalam pengambilan keputusan. Ada 3 skala item yang digunakan untuk keterlibatan pekerja muda 'dalam proses pengambilan keputusan organisasi mereka. Peserta diminta untuk menunjukkan persetujuan mereka dari 1 (sangat tidak setuju) sampai 5 (sangat setuju) dengan pernyataan berikut:'' Saya memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dengan orang lain dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi saya ,'' Saya memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dengan orang lain dalam membantu mengatur hal-hal yang dilakukan pada pekerjaan saya,'' dan'' Saya memiliki kesempatan untuk memutuskan dengan orang lain apa bagian dari tugas yang akan saya lakukan.'' alpha Cronbach untuk skala ini
adalah .90.

Pengawasan dan kebijakan manajemen. Peserta diminta untuk menunjukkan persetujuan mereka dari 1 (sangat tidak setuju) sampai 5 (sangat setuju) pada lima item yang menilai kualitas pengawasan dan organisasi manajemen policiesat pekerja muda '. Contoh item meliputi,'' Staf menerima dorongan dari pengawas untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik,'' dan'' Manajemen di lembaga ini cukup fleksibel untuk membuat perubahan bila diperlukan.'' Cronbach'salpha untuk skala ini adalah 0,84.




ELEMEN UNTUK SUKSES 4: DESKRIPSI PERAN JELAS DAN KOMPETENSI MELAKUKAN TUGAS
Dua skala yang digunakan untuk menilai adanya peran kerja yang jelas dan dirasakan khasiat pekerja muda 'dalam menyelesaikan peran mereka: (a) kejelasan peran kerja dan (b) khasiat untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan.

Kejelasan peran kerja. Pekerja muda diminta untuk menilai bentuk persetujuan mereka 1 (sangat tidak setuju) sampai 5 (sangat setuju) dengan serangkaian empat pernyataan untuk menilai apakah mereka memiliki peran kerja yang jelas dan tanggung jawab. Saya bisa memprediksi apa yang orang lain akan mengharapkan saya pada pekerjaan'' dan'' tujuan kerja saya didefinisikan dengan baik.'' alpha Cronbach untuk skala ini adalah 0,92.

Khasiat untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. Pekerja muda lagi diminta untuk menilai kesepakatan mereka dari 1 (sangat tidak setuju) sampai 5 (sangat setuju) pada lima pernyataan yang dirancang untuk menilai efikasi diri pekerja muda 'untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan mereka. Item termasuk,'' Saya secara efektif dapat memecahkan masalah yang timbul dalam pekerjaan saya,'' dan'' Menurut pendapat saya, saya baik di pekerjaan saya.'' Alpha Cronbach untuk thisscale adalah 0,84.
ELEMEN UNTUK SUKSES 5: PENGERTIAN PEKERJAAN YANG DIHARGAI

Responden diminta untuk menilai kesepakatan mereka dari 1 sampai 5 sampai tiga item menilai sejauh mana mereka merasa dihargai organisasi mereka dan pekerjaan mereka. '' Saya memberikan kontribusi bagi keberhasilan program ini,'''' keterampilan bakat  baik digunakan dalam program ini,'' dan'' Saya merasa saya membuat kontribusi yang efektif untuk lembaga ini .'' alpha Cronbach untuk scalewas .68.

ELEMEN UNTUK SUKSES 6: PELUANG UNTUK JARINGAN

Satu pertanyaan,'' Apakah Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pekerja muda dari lembaga lain?'' Diminta untuk menilai ada tidaknya kesempatan jaringan di organisasi pekerja muda '.




ITEM TAMBAHAN: KEPUASAN KERJA DAN NIAT UNTUK TETAP
DI BIDANG PEMUDA KERJA

Meskipun tidak termasuk dalam analisis regresi, keseluruhan kepuasan kerja pekerja muda 'dan niat untuk tetap di bidang kerja muda dinilai untuk lebih memahami jenis pekerja muda yang menanggapi pertanyaan menurut survey yg ada (diadaptasi dari Hartje et al, 2008. ) menilai kepuasan kerja pemuda secara keseluruhan dan niat untuk tetap bekerja di masa depan. Peserta pertama kali diminta untuk merespon dari'' sangat puas dengan'' tidak puas'' pada skala 4-titik untuk pertanyaan'' Seberapa puaskah anda dengan pekerjaan Anda?'' Peserta kemudian diminta untuk menunjukkan berapa lama mereka mungkin untuk tetap di bidang kerja pemuda dengan salah satu opsi berikut: Kurang dari 1 tahun, tahun 1_2, 3_4 tahun, tahun 5_6, lebih dari 6 tahun, atau'' tidak yakin.'''' Tidak'' tanggapan yakin (terdiri dari 18,7% responden) menurut analisis yg ada.

HASIL

Tabel 2 melaporkan statistik deskriptif untuk variabel kunci penelitian . Tabel 3 menampilkan korelasi antara semua variabel penelitian.

Memajukan Mutu Pendidikan Anak Indonesia di Daerah Perbatasan

A.    JUDUL
                     
Memajukan Mutu Pendidikan Anak Indonesia di Daerah Perbatasan

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Sistem pendidkan di Indonesia semakin berkembang bahkan sudah sangat maju dengan adanya kelas-kelas international dan juga fasilitas-fasilitas yang memadai di sekolah-sekolah tertentu.Tetapi pernahkah kita melihat mutu pendidikan di daerah pinggiran negeri kita? Contohnya daerah kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia. Pada dasarnya pemerintah sama sekali tidak peduli dengan pendidikan anak pinggiran negara kita. Dilihat dari fasilitas pendidikan yang sangat minim bahkan mungkin tidak ada di daerah tersebut. Kalau kita lihat anak-anak perbatasan sama sekali tidak bisa mengetahui pengetahuan tentang negaranya sendiri, tetapi mereka malah lebih tau tentang negara tetangga yang memiliki fasilitas pendidikan di daerah situ. Anak-anak di daerah perbatasan terpaksa bersekolah di sekolah Malaysia karena tidak ada sekolah Indonesia di daerah situ, jadi mereka hanya tau pengetahuan tentang negara Malaysia saja, bukan tentang negaranya sendiri yaitu Indonesia. Secara tidak langsung pemerintah membiarkan penerus bangsanya mengetahui bahasa,presiden,budaya dan makanan daerah negara lain

C.     TUJUAN

Memberikan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di daerah perbatasan dengan negara lain dengan memberikan fasilitas dan mutu pendidikan.

D.    TARGET YANG DI HARAPKAN

agar anak-anak perbatasan mempunyai mutu pendidikan dan landasan ideologi Negara Indonesia dengan fasilitas layaknya daerah pendidikan yang diperhatikan oleh pemerintah sekarang ini

E.     KEGUNAAN
Memberikan kesempatan bagi anak-anak perbatasan mengetahui pengetahuan tentang negaranya dan juga memberikan fasilitas yang layak dari pemerintah bangsa Indonesia agar anak-anak tersebut lebih mencintai negaranya sendiri daripada negara tetangga. Dan memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Juga  pemerintah  lebih memperthatikan anak-anak perbatasan agar fasilitas yang lain tetap terpenuhi dengan baik dan tidak memakai fasilitas dari negara tetangga.

F.      METODE PELAKSANAAN
Pemerintah mengirimkan para guru untuk mengajar anak-anak perbatasan. Pemerintah juga membangun sekolah dengan fasilitas yang memadai dan juga tempat yang tidak susah di jangkau.

G.    KEGIATAN
·         Memberikan materi budaya indonesia kepada anak-anak daerah perbatasan
·         Memberikan pendidikan pancasila
·         Membangun fasilitas seperti sekolah,perpustakaan,seragam,buku-buku(fasilitas yang memadai)
·         Membangun aksesbilitas menuju sekolah
·         dan lain lain yang berkaitan terhadap pendidikan
Jadwal Kegiatan
Terlampirkan

H.    RANCANGAN BIAYA
Terlampirkan






disusun oleh   : ichwan fiddien