Tuesday, November 5, 2013

Memajukan Mutu Pendidikan Anak Indonesia di Daerah Perbatasan

A.    JUDUL
                     
Memajukan Mutu Pendidikan Anak Indonesia di Daerah Perbatasan

B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Sistem pendidkan di Indonesia semakin berkembang bahkan sudah sangat maju dengan adanya kelas-kelas international dan juga fasilitas-fasilitas yang memadai di sekolah-sekolah tertentu.Tetapi pernahkah kita melihat mutu pendidikan di daerah pinggiran negeri kita? Contohnya daerah kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia. Pada dasarnya pemerintah sama sekali tidak peduli dengan pendidikan anak pinggiran negara kita. Dilihat dari fasilitas pendidikan yang sangat minim bahkan mungkin tidak ada di daerah tersebut. Kalau kita lihat anak-anak perbatasan sama sekali tidak bisa mengetahui pengetahuan tentang negaranya sendiri, tetapi mereka malah lebih tau tentang negara tetangga yang memiliki fasilitas pendidikan di daerah situ. Anak-anak di daerah perbatasan terpaksa bersekolah di sekolah Malaysia karena tidak ada sekolah Indonesia di daerah situ, jadi mereka hanya tau pengetahuan tentang negara Malaysia saja, bukan tentang negaranya sendiri yaitu Indonesia. Secara tidak langsung pemerintah membiarkan penerus bangsanya mengetahui bahasa,presiden,budaya dan makanan daerah negara lain

C.     TUJUAN

Memberikan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di daerah perbatasan dengan negara lain dengan memberikan fasilitas dan mutu pendidikan.

D.    TARGET YANG DI HARAPKAN

agar anak-anak perbatasan mempunyai mutu pendidikan dan landasan ideologi Negara Indonesia dengan fasilitas layaknya daerah pendidikan yang diperhatikan oleh pemerintah sekarang ini

E.     KEGUNAAN
Memberikan kesempatan bagi anak-anak perbatasan mengetahui pengetahuan tentang negaranya dan juga memberikan fasilitas yang layak dari pemerintah bangsa Indonesia agar anak-anak tersebut lebih mencintai negaranya sendiri daripada negara tetangga. Dan memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Juga  pemerintah  lebih memperthatikan anak-anak perbatasan agar fasilitas yang lain tetap terpenuhi dengan baik dan tidak memakai fasilitas dari negara tetangga.

F.      METODE PELAKSANAAN
Pemerintah mengirimkan para guru untuk mengajar anak-anak perbatasan. Pemerintah juga membangun sekolah dengan fasilitas yang memadai dan juga tempat yang tidak susah di jangkau.

G.    KEGIATAN
·         Memberikan materi budaya indonesia kepada anak-anak daerah perbatasan
·         Memberikan pendidikan pancasila
·         Membangun fasilitas seperti sekolah,perpustakaan,seragam,buku-buku(fasilitas yang memadai)
·         Membangun aksesbilitas menuju sekolah
·         dan lain lain yang berkaitan terhadap pendidikan
Jadwal Kegiatan
Terlampirkan

H.    RANCANGAN BIAYA
Terlampirkan






disusun oleh   : ichwan fiddien



 




No comments:

Post a Comment